Jumat, 04 November 2011

Berdirinya Kerajaan Romawi (Mitos Remus dan Romulus)

Berdirinya Romawi
Kerajaan Romawi
(The Kingdom of Rome)

Romawi memiliki sejarah yang panjang. Jauh, jauh sebelum kaisar terkenal Julius Caesar menaklukan Galia. Romawi pada awalnya hanyalah kerajaan. Ya, jarang kita ketahui bahwa dulunya Romawi adalah kerajaan, kerajaan kecil yang hanya terdiri dari kota Roma, di Latium. Hanya sedikit catatan sejarah mengenai kerajaan Romawi. Asal-usul Romawi kebanyakan berasal dari mitologi/mitos (saatnya cerita dulu deh -__-), tapi diperkirakan terbentuk skitar tahun 750SM. Mitos paling terkenal tentang berdirinya kerajaan Romawi adalah Remus dan Romulus. Udah gak asing lagi kan? simak aja ceritanya :D

Patung serigala betina menyusui Remus dan Romulus
Capitoline Museum, Roma

Raja Numitor dari Alba Longa dibuang oleh adiknya Amulius. Agar tidak ada penerus tahtanya, Amulius membunuh anak laki-lakinya dan memaksa anak perempuannya, Rhea Silva agar tetap perawan (supaya gak ada keturunan). Tapi kemudian dewa Mars terpesona dengan kecantikan Rhea Silva, kemudian lahirlah kembar dari Mars dan Rhea Silva yang bernama Remus dan Romulus.

Mendengar berita itu, Amulius marah dan membuang Rhea Silva beserta anak-anaknya ke sungai Tiber. Rhea Silva kemudian diselamatkan oleh dewa sungai. Tapi anak-anaknya tersangkut di batang pohon. Lalu di dekat situ ada seekor serigala betina yang kemudian menyusui mereka sampai seorang gembala menemukan Remus dan Remulus.

Setelah Remus dan Romulus beranjak dewasa, mereka mengetahui bahwa mereka adalah keturunan Raja!. Mereka pun kembali ke Alba Longa dan membunuh Amulius. Kemudian mereka berdua mengembalikan tahta kerajaan ke Numitor.

Mereka berdua memutuskan untuk membangun sebuah kota dekat tempat mereka tersangkut di pohon ketika masih kecil. Tapi mereka berdua bertengkar tentang bukit yang tepat untuk membangun sebuah kota. Romulus memilih Palatine Hill, dan Remus memilih bukit lain (kemungkinan bukit Aventine). Lalu mereka menunggu petunjuk dewa di bukit pilihan masing-masing. Remus melihat 6 burung, sedangkan Romulus melihat 12 burung. Jadi diputuskan bahwa Romulus lah yang benar, kemudian pengikut Romulus pun membuat kota di bukit Palatine, sedang Remus dengan pengikutnya membuat kotanya sendiri.

Romulus membuat pembatas daerahnya dengan tanah yang dibajak dengan banteng putih dan sapi putih. Tapi kemudian Remus dengan sengaja atau tidak sengaja melewati batas daerah Romulus.Itu merupakan pertanda buruk bahwa pertahanan kota mudah ditembus. Kemudain Remus pun dibunuh oleh Romulus sendiri atau salah satu suruhannya. Kota Romulus inilah yang akan menjadi kota Roma dan Kerajaan Romawi.

yah begitulah kisah berdirinya kota Roma dan kerajaan Romawi. Untuk selanjutnya saya akan membahas tentang berdirinya Republik Romawi (SPQR) karena memang sejarah tentang Kerajaan Romawi sedikit dan saya juga tidak terlalu tertarik untuk membahasnya lebih lanjut :P

Sumber: Roman-empire.net

5 komentar:

  1. jadi ini semua hanya berdasar mitos?

    BalasHapus
  2. ya, Romawi tidak memiliki sejarah berdirinya dengan jelas, hanya mitos. di post selanjutnya baru ada sejarahnya

    BalasHapus
  3. oke terima kasih atas jawabannya

    BalasHapus
  4. Makasih sob udah share , blog ini sangat membantu sekali .............




    bisnistiket.co.id

    BalasHapus