Kamis, 03 November 2011

Latar Belakang Blog Ini

Sebenarnya blog ini tugas TIK saya, namun saya berpikir untuk mengembangkannya hingga menjadi sebuah blog informatif yang berguna bagi orang banyak.
Saya tahu bahwa topik ini adalah topik yang tidak lazim dibaca anak remaja (mengetahui bahwa saya masih di usia belia). Namun terkadang jika ingin melihat masa depan kita harus melihat ke masa lalu dulu. Sejarah itu bagaikan kaca spion, jika tidak lihat belakang bisa-bisa mendapat masalah kedepannya hehe...

Sesuai namanya blog ini akan berisi tentang sejarah. Mulai dari yang kuno sampai yang modern. Time frame sejarah yang akan diposkan saya bagi menjadi kategori berikut:
-Classical Era : Abad ke-8 sebelum Masehi hingga awal Masehi
-Dark Age : Awal Masehi (keruntuhan Romawi) hingga munculnya Islam
-Islamic Golden Age dan Medieval Era : Awal terbentuknya kekhalifahan Islam hingga Perang Salib (600M - 1200M)
-Colonial Era : kurang lebih 1500M - 1800M
-Enlightment Era : Revolusi Industri hingga PD1
-World War : Membahas lebih khusus PD1 dan PD2
-Pasca PD2 : Setelah PD2 hingga sekarang
Eksklusif: Sejarah Indonesia!

Namun dikarenakan keterbatasan pengetahuan saya yang hanya mengetahui mulai dari Alexander agung hingga perang salib kemudian langsung ke PD2. Maka dari itu saya sangat berharap ada teman-teman yang membantu saya mengembangkan blog ini.

Tidak hanya materi-materi sejarah, saya juga mengaharapkan kedepannya juga memposting Film-Film atau Video Games yang berkaitan dengan sejarah

Kritik dan saran juga sangat dihargai. Punya pertanyaan? tuliskan pertanyaan Anda di kolom komentar.

That's it. Enjoy the History :)
_____________________________________________________

JASMERAH!
Jangan Sekali-sekali Melupakan Sejarah!
(Soekarno, proklamator kemerdekaan Indonesia) 

2 komentar:

  1. Bagaimana dengan peradaban tempat yang tidak disebutkan diatas? Afrika misalnya. Bagaimana dengan Afrika?

    BalasHapus
  2. Afrika tetep dimasukin kok, kayak Afrika Utara. Afrika Utara juga memiliki peran dalam timeframe yg gue masukin.
    Contoh: waktu jaman klasikal, nanti bakal dibahas perang punik, yaitu Romawi vs Kartago (Tunisia sekarang)
    tapi kemungkinan besar Afrika yang lebih ke Selatan gak dimasukin, soalnya mereka peradabannya masih primitif dan sejarah mereka gak dikenal dunia.

    Sebenernya gue lebih ngerti sejarah bangsa2 yg deket sama laut mediterania (Eropa, Timteng, Afrika Utara). Jujur kalau udah sampe Amerika kuno, China Jaman Kerajaan, atau Afrika Tengah, gue dah gak ngerti. Kalo punya kenalan yg ngerti ato punya referensi sejarah daerah2 yg gue sebutin tadi, kasih tau aja blog ini ntar bakal gue pos sama cantumin nama pengirimnya :D

    BalasHapus